Wartakomunitas.com | Nasional - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan sejumlah bandara yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo, Selasa (26/3/2024). Salah satu yang diresmikan Jokowi yakni, Bandara Mutiara SIS Al-Jufri di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Bandara tersebut sempat mengalami kerusakan berat akibat terdampak gempa Palu pada 2018 silam. Pemerintah pun melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi bandara tersebut.

"Kita tahu beberapa tahun yang lalu di Palu terjadi gempa, dan kita tahu kerusakan Bandara Mutiara SIS Al-Jufri ini betul-betul sangat berat saat itu, runway-nya juga rusak, terminalnya juga rusak. Sehingga kita lakukan rehabilitasi dan rekonstruksi," kata Jokowi saat peresmian di Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (26/3/2024).

Dia mengatakan, rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri ini dibangun dengan anggaran Rp567 miliar. Bandara ini memiliki landasan pacu atau runway sepanjang 2.510 × 45 meter persegi.

"Ini bisa didarati oleh pesawat yang berbadan lebar," ujarnya.

Sulit Salurkan Bantuan Korban Gempa Palu

Jokowi ingat betul sulitnya menyalurkan bantuan untuk korban gempa Palu karena bandara mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, dia menekankan pentingnya keberadaan bandara sangat penting untuk memudahkan mobilitas masyarakat, logistik, dan barang.

"Kita saat gempa itu merasakan betapa sangat pentingnya sebuah airport, sebuah bandara untuk mobilitas orang, penumpang, mobilitas logistik, mobilitas barang semuanya menjadi terganggu. Sehingga saat itu saya ingat mau mengirim bantuan saja tidak bisa masuk karena apa? Bandaranya tidak bisa dipakai saat itu," tuturnya.

"Sehingga akan meningkatkan kecepatan mobilitas orang dan barang ke dan dari Sulteng," sambung Jokowi.

Resmikan Bandara Lainnya

Dalam kesempatan ini, dia juga meresmikan rehabilitasi Bandara Banggai Laut Sulawesi Tengah, Bandara Pohuwato di Gorontalo, dan Bandara Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, dan Bandara Taman Bung Karno di Sulawesi Utata.

Jokowi memuji interior arsitektur di bandara tersebut yang semakin cantik, bagus. Dia juga memastikan bandara tersebut siap untuk digunakan.

"Untuk Bandara Banggai Laut menghabiskan anggaran Rp276 miliar, Bandara Pohuwato Rp437 miliar, Bandara Bolaang Mongondow Rp391 miliar, dan Bandara Taman Bunga Karno Rp599 miliar," tutur Jokowi.