Wartakomunitas.com | Jakarta - Kabar duka kembali datang dari dunia perbankan Tanah Air. Salah satu bankir kenamaan Suprajarto dikabarkan telah meninggal dunia.
Menurut kabar yang diperoleh detikcom, mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 19 Desember 2023 pukul 09.08 di Singapura.

Kabar itu pun diamini oleh Direktur BRI Handayani. "Innalillahi wa innailaihi rojiun, benar," tuturnya

Suprajarto sendiri lahir Yogyakarta, 28 Agustus 1956. Sebelumnya dia sempat menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT BNI selama periode 2015 - 2017.

Karier perbankannya juga sempat dilakoni di BRI. Pada tahun 2007-2015, Suprajarto menjabat sebagai Direktur Bidang Jaringan dan Layanan BRI.
Suprajarto juga dikenal sebagai bankir yang andal dengan perjalanan karier yang cukup panjang di bidang perbankan. Di BRI, Suprajarto juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan BRI pada periode 2005-2006. Suprajarto juga sempat menjabat sebagai Pemimpin Wilayah Jakarta 1 BRI pada periode 2006-2007.

Karier perbankan yang cemerlang Suprajarto juga didukung latar belakang pendidikan yang mumpuni. Ia menyelesaikan pendidikan S1 bidang Ekonomi di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Yogyakarta.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister Manajemen Pemasaran di Universitas Padjadjaran, Bandung. Sebelum kemudian menyelesaikan pendidikan S3 Manajemen Bisnis juga di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Pada 2019 yang lalu, dia digeser oleh Kementerian BUMN untuk menjadi Dirut BTN, namun secara tegas dia menolak tugas tersebut.

Suprajarto mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah diajak bicara mengenai posisi barunya tersebut. Oleh karena itu, Suprajarto memutuskan untuk mengundurkan diri dari Direktur Utama BTN.