Wartakomunitas.com| Jakarta - Kabel udara di Jalan Raya Condet, Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, terbakar, Senin (19/2/2024) pagi. Warga bernama Agus (36) mengatakan, api diduga muncul karena korsleting pada kabel di salah satu dari sembilan tiang listrik.

"Tadi jam 10.00-an WIB tiba-tiba ada api di salah satu tiang listrik, kayaknya karena korsleting," ujar Agus di lokasi kejadian, Senin.

Tempat kerja Agus berada di dekat tiang listrik itu. Saat bekerja, ia dan rekan-rekannya melihat percikan api dari salah satu tiang listrik. Percikan api muncul beberapa kali sebelum ada suara ledakan seperti bunyi petasan. Suara ledakan terdengar beberapa kali, lalu muncul kobaran api yang cukup besar.

"Besar banget apinya tadi, lihat saja itu daun-daun di pohon yang paling atas ada yang gosong karena kena api," kata Agus.

Pada saat itu, aliran listrik masih menyala. Lambat laun, aliran listrik berulang kali mati dan menyala. Warga bergegas menghubungi PLN serta Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur untuk melakukan penanganan.

Ketika tiba di lokasi, petugas PLN langsung mematikan aliran listrik.

"Mati total jam 11.00-an WIB tadi sampai sekarang, dimatikan sama PLN. Katanya baru nyala dua jam lagi, tapi enggak tahu juga," ucap Agus.

Sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang, warga juga berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan berhasil. Petugas pemadam kebakaran pun langsung melakukan pendinginan saat tiba di lokasi. Tujuannya untuk mencegah api kembali menyala.