Wartakomunitas.com | Lifestyle - Memiliki dukungan sosial alias support system bukan hanya dibutuhkan dalam kesuksesan karier, melainkan juga dalam mencapai target olahraga dan gaya hidup sehat. Pentingnya dukungan sosial dalam menjalani gaya hidup aktif juga dirasakan oleh mayoritas responden di Indonesia yang mengikuti survei Asia Pacific Power of Community Survey. Memiliki komunitas yang saling mendukung akan membuat seseorang lebih berkomitmen dalam mencapai tujuan kebugaran.

Bertemu teman-teman baru atau memperluas lingkaran sosial, juga akan membuat seseorang merasa lebih bahagia. Survei juga mengidentifikasi individu yang paling penting dalam mendukung gaya hidup sehat dan aktif pada konsumen di Indonesia antara lain keluarga, teman-teman, dan rekan kerja (46 persen), individu dengan tujuan serupa (23 persen) dan praktisi kesehatan, seperti dokter dan ahli nutrisi (19 persen).

Dari segi usia, generasi Z dan milenial di Asia Pasifik cenderung lebih ingin bergabung dengan komunitas dibanding dengan generasi X dan baby boomer. Sementara itu, 70 persen responden juga menyatakan minatnya untuk bergabung dalam komunitas kebugaran dan juga nutrisi. Survei yang dilakukan oleh Herbalife itu dilakukan kepada 5.500 konsumen Herbalife di 11 negara Asia Pasifik, termasuk Australia, Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Menjadi bagian dari komunitas pendukung dalam gaya hidup sehat disebutkan oleh responden bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan komitemen terhadap tujuan kesehatan, memperluas pandangan tentang kesehatan dan kesejahteraan, serta memberi rasa koneksi sosial.

Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan, temuan survei ini sejalan dengan komitmen Herbalife akan pentingnya punya jaringan komunitas. "Itulah mengapa kami menerapkan pendekatan berbasis komunitas untuk membantu orang menjalani kehidupan yang lebih sehat bersama dengan member independen. Banyak dari mereka juga menjalankan klub nutrisi dan kegiatan kebugaran komunitas untuk memotivasi orang mengadopsi gaya hidup sehat," katanya.

Andam mengatakan, untuk merayakan kekuatan komunitas dalam mendorong gaya hidup aktif, Herbalife mengadakan virtual run yang sudah berjalan empat tahun berturut-turut. Tahun ini, Herbalife mengadakan acara lari virtual tahunan pada 1 hingga 30 November 2023, yang dilakukan bersamaan di Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Makau, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.