Wartakomunitas.com | Opini - Kecelakaan melibatkan bus dan truk terjadi Jalan Tol Ngawi-Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (21/12/20223), pukul 05.11 WIB. Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Aliet Alphard mengatakan tempat kejadian perkara di Kilometer 508.800 B, Desa Jeruk Sawit, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kecelakaan melibatkan 1 bus berpelat nomor H 7037 OV dengan 1 truk berpelat nomor B 9991 TEV yang berjalan dari arah timur yakni Kabupaten Ngawi atau Kabupaten Sragen.

"Kedua kendaraan menuju arah barat, Kota Solo, dengan posisi truk berada di depan kendaraan bus. Sesampai di TKP, pengemudi bus tak bisa kendalikan laju kendaraan hingga menabrak truk di depannya," kata AKP Aliet Alphard, Kamis (21/12/2023) siang.


Identitas kendaraan bus berinisial FAA (30), warga Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Sedangkan, pengemudi truk berinisial AN (40), warga Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

"Akibat kecelakaan ini pengemudi bus dan 4 penumpang mengalami luka lantas di kepala dan kaki. Semua korban mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit dr. Moewardi Kota Solo," ujarnya. 


Saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan dan mengamankan barang bukti bus dan truk ke Polres Karanganyar. Sedangkan kondisi bus mengalami kerusakan dibagian depan dan truk dibagian belakang. Manager Operasional PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Budi Hermawan mengatakan diduga pengendara bus mengantuk saat kemudikan kendaraan. 

"Diduga FAA mengantuk sehingga kendaraan kehilangan kendali lanjut bagian kiri bus menabrak bagian kanan truk yang melaju di depannya," kata Budi Hermawan saat dikonfirmasi setelah kecelakaan.