Wartakomunitas.com | Nasional - Heboh aksi dua bocah Sekolah Dasar (SD) asal Sampang, Madura nekat naik motor ke Jakarta. Bahkan, bocah berinisial SZ dan D ini mengendarai motor tanpa mengenakan helm. Mirisnya, motor yang dibawa dua bocah ini tidak dilengkapi surat resmi alias bodong.

"Saya janjian ketemuan di Terminal Tanjung Priok Jakarta, hari Minggu (19/11/2023) saya ngajak teman berangkat siang sekitar pukul satu siang," ucap SZ santai saat ditemui di Polsek Pengarengan Sampang, Rabu (22/11/2023)

Rencana kepergiannya ke Jakarta terbilang mendadak, bahkan tanpa persiapan yang matang. Kedua bocah ini hanya membawa baju yang melekat di tubuh mereka. Yakni berupa kaos oblong, celana pendek serta memakai sandal jepit.

"Ya nggak bawa apa-apa yang penting berangkat ke Jakarta," tutur SZ.

SZ mengakui, ia baru pertama kali ke luar kota dan tidak mengetahui rute dari Sampang ke Jakarta. Ia pun memanfaatkan Google Maps dari handphone-nya.

"Kita menyetir bergantian, tanpa menggunakan helm dan selama perjalanan tidak bertemu polisi," ujarnya

Sayangnya, sebelum sampai ke kota tujuan, keduanya dicegat oleh polisi di wilayah Kecamatan Tengaran, Semarang, Jawa Tengah. Mereka kemudian diamankan ke kantor polsek setempat. Selanjutnya, mereka dikembalikan ke wilayah Sampang.

Rencana SZ dan D ke Jakarta terbongkar usai mereka menerobos lampu merah.

"Waktu itu SZ yang nyetir menerobos lampu merah, kemudian dikejar sama polisi. Saya dibawa ke sana (kantor polisi)," kata D menambahkan.