WARTAKOMUNITAS.COM | Kesehatan - Durian merupakan buah dengan kulit berduri yang memiliki aroma cukup menyengat. Durian digandrungi sejumlah orang salah satunya karena kelezatan daging buahnya. Buah durian bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, es krim, dan sajian lainnya. Kendati demikian, terdapat sejumlah makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Lantas, apa saja makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi dengan durian?

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama durian Dihimpun dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian:

1. Terong
Dikutip dari GoodyFeed, makan terong bersamaan dengan durian dapat membahayakan bagi tubuh meskipun dianjurkan untuk makan sayur dan buah. Hal tersebut karena terong dan durian dianggap sebagai makanan “panas”. Jika dikonsumsi bersamaan, tubuh seseorang menjadi panas dan akan jatuh sakit.

2. Kepiting

Kombinasi selanjutnya yang tidak boleh untuk dicoba adalah antara kepiting dengan durian. Kepiting dikatakan sangat “mendinginkan” tubuh, sementara durian termasuk dalam kategori makanan “panas”. Sehingga, mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi kacau dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

3. Susu

Susu dan durian merupakan kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bersamaan. Jika mengonsumsi susu dan durian bersamaan, tubuh seseorang akan mengalami peningkatan tekanan darah. Pada kasus yang jarang, efek samping durian yang dimakan bersamaan dengan susu bisa berakibat fatal karena picu komplikasi penyakit lain.


4. Alkohol

Mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol merupakan ide yang buruk, lantaran bisa memicu gangguan metabolisme. Dilansir dari KLFoodie, kandungan sulfur yang tinggi pada durian dapat menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh. Sehingga, seseorang akan mabuk lebih lama sementara waktu daripada normalnya. Selain itu, seseorang mungkin akan merasa mulas dan muncul gangguan pencernaan lain yang cukup parah.

5. Leci

Buah leci dan durian sama-sama dianggap sebagai makanan “panas” yang kemudian bisa memicu masalah kesehatan. Jika mengonsumsi keduanya bahkan secara berlebihan, seseorang mungkin berisiko terkena demam, sembelit, atau sakit tenggorokan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi leci dan durian secara bersamaan di satu waktu.

6. Daging

Daging seperti daging sapi dan kambing adalah makanan yang dianggap termasuk golongan “panas”. Sehingga, mengonsumsi daging ini dengan durian dapat menambah rasa panas pada tubuh dan menyebabkan peradangan.