Pasca kelaurnya Surat Mendagri Nomor : 100.2.1.3/6047/SJ dengan sifat Segera Prihal Usulan Nama Calon Penjabat Walikota/Bupati tanggal 9 November 2023 kepada Ketua DPRK Subulussalam.

Menanggapi surat tersebut, DPR Kota Subulussalam telah mengusulkan 3 nama calon Penjabat Walikota Subulussalam. 

Patut diapresiasi, Fraksi Sada Kata satu-satu nya fraksi yang mengusulkan Nama Calon Penjabat Walikota Subulussalam asli putra daerah. Nama yang diusulkan ialah H. Badalsyah S.Hut yang kini menjabat Kepala Dinas Pangan Kota Subulussalam.

Langkah Fraksi Sada Kata ini patut didukung Masyarakat, melalui usulan ini membuktikan bahwa Putra Daerah Subulussalam dapat memimpin daerahnya dengan segala pengalaman yang telah diraih selama dibirokrasi pemerintahan.

Kepada Mendagri diharapkan mendukung penuh Langkah ini, dengan menetapkan Putra Daerah Subulussalam menjadi Pj Walikota Subulussalam. Dengan ditetapkannya Putra Daerah menjadi Pj Walikota sangat memberikan efek positif bagi Masyarakat subulusalam, dikarenakan sudah tentu putra daerah lebih memahami daerahnya baik secara sosiologis dan geografis.

Juga diharapkan Pj Gubernur Aceh dapat mengkawal usulan Fraksi Sada Kata, H. Badalsyah S.Hut sampai ditetapkan menjadi Pj Walikota Subulussalam.

Jangan sampai orang yang tidak memahami subulussalam atau bahkan bisa jadi menginjakkan kaki di subulussalam saja tidak pernah menjadi Pj Walikota Subulussalam.

Apabila Pj Walikota Subulussalam bukan berasal dari subulussalam, ditakutkan dapat memperlambat Pembangunan dikarenakan harus memakan waktu untuk membangun komunikasi antar Lembaga dan dapat menimbulkan konflik antar Lembaga karena belum adanya hubungan emosional yang terjalin serta kurang nya hubungan sosial kepada Masyarakat kota subulussalam.

Karena sudah bisa dilihat dibeberapa daerah yang Pj Kepala Daerahnya bukan putra setempat seringkali terjadi konflik antar Lembaga karena tidak adanya hubungan emosional yang terjalin, sehingga dapat memperlambat pembangungan daerah yang sangat merugikan Masyarakat. Tentu hal ini sangat tidak kita harapkan terjadi di Kota Subulussalam.

Sudah sepatutnya Usulan Fraksi Sada Kata dapat diindahkan oleh Mendagri.

Selaku Mahasiswa Subulussalam, mendukung penuh H. Badalsyah S.Hut ditetapkan menjadi  Pj Walikota Subulussalam oleh Mendagri.