Wartakomunitas.com |  Komunitas - Korps lalu Lintas (Korlantas Polri) menggelar acara bertajuk Gebyar Keselamatan 2023, di Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Alam Sutera, Tangerang Selatan. Acara ini digelar untuk lebih menyuluh keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelacaran berlalu lintas, (Kamseltibcarlantas) oleh semua pengendara. Untuk memeriahkan acara, Korlantas juga mengundang sebanyak lebih dari 1.000 peserta yang merupakan anggota komunitas-komunitas motor, APM motor, serta instruktur-instruktur safety riding.

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan, komunitas-komunitas motor bisa dianggap sebagai agen sosialisasi terbaik, untuk menyuarakan poin keselamatan berkendara kepada masyarakat luas. “Kami rangkul brothers dan sisters di sini (anggota komunitas) untuk menyuarakan pentingnya kamseltibcarlantas saat berlalu lintas, kita mulai hari ini,” ucapnya saat membuka acara, Sabtu (18/11/2023). Firman menambahkan, acara ini diharapkan bisa menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh Korlantas, dan bisa menjangkau semua lapisan pengendara.

“Menurut saya, inilah langkah paling efektif dan paling bagus untuk menyosialisasikan keselamatan berkendara. Supaya mereka (pengendara paham), ya harus kita undang langsung, dan praktekkan,” ucapnya kepada Kompas.com. Gebyar Keselamatan menghadirkan banyak agenda, mulai dari coaching clinic soal keselamatan, etika, dan wawasan berkendara. Tersedia pula latihan mengemudi, yang diawasi langsung oleh instruktur Korlantas.