Cilegon. Bersama ini kami selaku petugas kesehatan Dinkes Cilegon menyampaikan sekaligus memohon dukungan terhadap penangan atau antisipasi peningkatan kasus Demam Berdarah (DBD) di kota Cilegon. Menurut Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Rully Kusumawardhani mengatakan beberapa yang harus dilakukan masyarakat dalam penanganan penyakit DBD :

1.Untuk melaksanakan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ) dengan melakukan 3M plus. Membersihkan tempat tempat penampungan udara 1-2 kali seminggu – ⁠menutup tempat tempat penampungan udara – ⁠mendaur ulang barang barang yang sudah tidak terpakai sehingga tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

2.Mohon kegiatan ini dilakukan baik di rumah maupun lingkungan dan tempat aktivitas sehari hari spt sekolah ,kantor,tempat ibadah ,& tempat tempat umum lainnya mulai bulan Mei sd Juli 2024 utk penurunan kasus trimester 2 & awal trimester 3 Penggunaan abate juga bisa dilakukan utk tempat tempat penampungan udara yg besar.

3.Pengasapan ( Fogging ) adalah upaya terakhir untuk mengatasi DBD karena bahan kimia yang digunakan dapat berdampak pada kesehatan individu,lingkungan dan menyebabkan virus menjadi kebal jika dilakukan berulang kali.

Rully berharap agar kegiatan dinas kesehatan dapat dukungan dari masyarakat untuk membantu pemerintah kota dalam upaya penanganan DBD secara komprehensif dan meminta masyarakat untuk aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk.