Wartakomunitas.com| Nasional - Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia dan Timor Leste sepakat mendorong penyelesaian perundingan perbatasan dua negara. Kesepakatan ini terjadi dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

"Kita sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara. Saya juga menyambut baik reaktivasi Joint Border Committee untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas," kata Jokowi usai pertemuan, Jumat.

Adapun pertemuan ini menghasilkan beberapa komitmen kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan dua nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) di bidang pembangunan infrastruktur, serta komunikasi dan informatika. Di bidang komunikasi dan informatika, keduanya sepakat merencanakan investasi fiber optik.

"Dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk rencana investasi fiber optik," ucap Jokowi.

Di sisi lain, kedua negara sepakat untuk bekerja sama di bidang ekonomi. Jokowi mengaku menyambut baik komitmen Timor Leste untuk menciptakan iklim invetasi yang lebih baik, melalui perjanjian perlindungan investasi.

"Saya juga mengapresiasi kepercayaan Timor Leste pada BUMN Indonesia dalam berbagai proyek seperti pembangunan jalan di Oecusse serta perluasan bandara internasional Dili," ujarnya.

Terkait ASEAN, Jokowi menuturkan, Indonesia berkomitmen terus mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN.

"Kami juga tadi membahas isu Myanmar di mana kedua negara sepakat untuk mendukung keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi 5PC," jelasnya.

Sebelumnya, PM Xanana dan delegasi datang di Istana Bogor pukul 09.30 WIB. Setelah tiba di kompleks istana, mobil yang membawa PM Xanana disambut oleh pasukan berkuda, pasukan berpakaian adat dan para pelajar. Saat turun dari mobil, PM Xanana langsung memberi hormat kepada Presiden Jokowi. Keduanya kemudian bersalaman dan saling menyapa. 

Presiden Jokowi dan PM Xanana kemudian mengikuti upacara penyambutan tamu negara. Acara dilanjutkan dengan inspeksi pasukan dan pengenalan masing-masing delegasi. Setelahnya, Presiden Jokowi dan PM Xanana menuju ruang utama Istana Bogor untuk melakukan penandatanganan buku tamu dan berfoto bersama. Lalu keduanya menuju ke veranda Istana Bogor untuk melakukan veranda talk dan dilanjutkan dengan menanam Pohon Merawan di halaman belakang istana.