Wartakomunitas.com | Opini - Perjalanan Rosmini (56) untuk kembali mengemis dengan cara memaksa sambil marah-marah tampaknya tak akan terjadi lagi. Pasalnya, Rosmini terindikasi sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan harus dirawat.

Perjalanan Rosmini (56) untuk kembali mengemis dengan cara memaksa sambil marah-marah tampaknya tak akan terjadi lagi. Pasalnya, Rosmini terindikasi sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan harus dirawat.

“Indikasi ODGJ dan harus dirawat. Biasanya perawatan sampai 18 hari atau sampai klien (Rosmini) pulih kesehatan jiwanya,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Dani Rahadian, Kamis (2/5/2024).

“Indikasi ODGJ dan harus dirawat. Biasanya perawatan sampai 18 hari atau sampai klien (Rosmini) pulih kesehatan jiwanya,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Dani Rahadian, Kamis (2/5/2024).

Keberadaan keluarga Rosmini ditelusuri Guna mengakhiri perjalanan Rosmini untuk mengemis, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor menelusuri keberadaan keluarganya.

“Untuk permasalahan Rosmini, Kota Bogor ingin permasalahan ini tuntas. Jadi, keluarga dan lainnya harus ditelusuri,” ucap Dani. Terkait identitas yang ditemukan Dinsos Kota Bogor, Rosmini tercatat sebagai warga Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dinsos Kota Bogor pun langsung berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung untuk melakukan penelusuran terkait keluarga Rosmini. Dani berujar, selama ini setiap kota yang disinggahi oleh Rosmini tidak berupaya mengantarkannya kepada pihak keluarga

Ia menganggap, kota-kota yang disinggahi Rosmini untuk mengemis hanya mengantarkan yang bersangkutan ke terminal, bukan diantar atau dikembalikan ke pihak keluarga. Hal itulah yang membuat Rosmini selalu berpindah-pindah tempat untuk melakukan aksi minta-minta dengan cara memaksa dan marah-marah.

“Dia sendirikan pindah-pindah ke kota-kota lain. Bisa saja sama Dinsos atau pemerintah kota lain hanya diantarkan ke terminal untuk pergi,” ujarnya.

Pihak keluarga bakal temui Rosmini Dani mengatakan, pihak keluarga akan menemui Rosmini dalam waktu dekat. Dari hasil penelusuran Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, Rosmini memiliki keluarga yang tinggal di Bandung, Solo, dan Palembang. Salah satu anggota keluarganya di Palembang berniat datang ke Kota Bogor untuk menemui Rosmini.