Wartakomunitas.com | Surabaya - Komunitas adalah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa orang yang mempunyai kesamaan tujuan. Di Indonesia, ada banyak komunitas anak muda dalam bidang sosial, lingkungan, dan lain-lain.


Dengan adanya relasi yang kuat antaranggota, komunitas dibentuk dengan tujuan tertentu. Seperti meningkatkan kesadaran perihal isu nasional maupun internasional, sebagai wadah menjalin interaksi antarsesama, menyalurkan hobi, hingga media mengekspresikan jati diri.


Komunitas Anak Muda di Indonesia:


1. Forum Indonesia Muda
Forum Indonesia Muda (FIM) adalah forum independen yang beranggotakan pemuda-pemudi dan mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia, dengan berbagai latar belakang minat, aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan.

Sejak 2003, komunitas ini telah melaksanakan kegiatan leadership dan pelatihan life skill untuk seluruh anak muda se-Indonesia, hingga 24 angkatan. Komunitas ini tersebar ke beberapa wilayah, mulai dari Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, Kalimantan, dan Sulawesi.

2. Teens Go Green Indonesia
Teens Go Green merupakan komunitas muda di Indonesia yang berfokus pada kegiatan pengembangan minat, pengetahuan, dan aksi peduli lingkungan dengan konsep gabungan antara edukasi dan entertainment, serta sukarela. Komunitas ini telah melakukan beberapa gerakan peduli lingkungan atas prakarsa sendiri, hingga membentuk kolaborasi dengan NGO, organisasi, komunitas anak muda, pemerintah, bahkan pihak swasta.

3. Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia
Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) yang berdiri tahun 2009 ini telah menciptakan sederet program kerja, yang berfokus pada edukasi dan pelayanan terhadap orang dengan masalah kejiwaan. Terutama penderita skizofrenia, serta dukungan aspek legal dan hukum.

Anggota KPSI terdiri dari penderita dan keluarga, kalangan medis, serta para sukarelawan dari golongan masyarakat umum. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan menekankan pada aspek dukungan dan keterbukaan antarsesama dengan masalah kejiwaan.

4. Lentera Sintas Indonesia
Lentera Sintas Indonesia merupakan organisasi nir-laba yang berdiri sejak tahun 2011, yang menyediakan layanan berupa dukungan bagi para penyintas kekerasan seksual. Serta menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi dan kampanye sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu kekerasan seksual di Indonesia.

5. Booktube Indonesia
Bagi yang suka baca buku, komunitas yang satu ini cocok untuk kamu. Booktube Indonesia (BooktubeID) merupakan komunitas yang dibentuk sejak 2016, yang beranggotakan para generasi muda di Indonesia yang tertarik dengan buku. Sekaligus para kreator buku yang berkeinginan untuk berkembang menjadi seorang kreator konten melalui platform YouTube.

Melalui Booktuber Indonesia, para konten kreator akan membahas seputar review buku, tantangan, maupun bedah isi literasi buku.

6. UNICEF Mitra Muda
Mitra Muda adalah komunitas yang dibentuk oleh UNICEF Indonesia sejak tahun 2021, beranggotakan anak muda dari berbagai latar belakang. Mitra Muda yang terlibat aktif mengikuti berbagai kontribusi nyata, tidak hanya sebagai partisipan saja. Melainkan juga inisiator dalam program yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia secara reguler.

7. Young On Top
Young On Top merupakan komunitas yang beranggotakan anak muda dari seluruh penjuru Indonesia, dengan jumlah melebihi 700.000 anggota. Kini, komunitas ini telah berkembang menjadi sebuah perusahaan.

Tujuan utama dari komunitas ini adalah menginspirasi anak muda agar mencapai kesuksesan mereka di usia muda, dan menciptakan komunitas muda yang kuat dan positif, serta dapat memberikan inspirasi bagi program pembangunan berkelanjutan.