Wartakomunitas.com| Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menghadiri pertemuan komunitas zero emisi Asia atau Asia Zero Emission Community (AZEC) Leaders Meeting di Tokyo, Jepang, pada Senin (18/12/2023). Senin ini merupakan hari ketiga kunjungan kerja Presiden di Jepang.

"Presiden akan menghadiri AZEC Leaders Meeting, dan juga melakukan pertemuan dalam bentuk luncheon dengan kalangan bisnis Jepang," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan persnya dari Jepang pada Minggu (17/12/2023) sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Kemudian, lanjut Menlu, Kepala Negara juga akan melakukan courtesy call kepada Kaisar Jepang, Naruhito pada Senin ini. Kegiatan tersebut akan dilakukan Presiden Jokowi bersama para pemimpin negara-negara ASEAN lainnya yang saat ini juga berada di Jepang. Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah berada di Jepang sejak Sabtu (16/12/2023). Pada Sabtu, Presiden telah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Khisida.


Kemudian pada Minggu, Kepala Negara menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang ASEAN Jepang di Tokyo. Di KTT itu, Presiden Jokowi menekankan kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Jepang yang disepakati September lalu di Jakarta harus menjadi modalitas untuk terus memperkokoh hubungan.  Kemitraan ini harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret, dan bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti kerja sama pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan dan penguatan rantai pasok.