Wartakomunitas.com | Opini - Zi.care, platform digitalisasi layanan rumah sakit, berkolaborasi dengan iForte, perusahaan penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi dan internet service provider untuk mendukung digitalisasi sektor kesehatan di Indonesia.
Kolaborasi antara Zi.care dengan iForte ini menjadi salah satu bagian program ImpacttoBuild, yang mendukung kolaborasi antara startup dengan korporasi. Zi.care yang merupakan startup health-tech anggota dari komunitas Collective Impactto melihat adanya kebutuhan besar dalam industri kesehatan terutama jaringan rumah sakit, yakni internet yang solid dan paten.Co-Founder & Managing Partner Impactto Italo Gani mengatakan, kolaborasi antara Zi.care dengan iForte sangat sesuai dengan target dan fokus masing-masing entitas. Zi.care mencari partner yang bisa menyempurnakan solusi layanannya, sedangkan iForte mencari partner untuk ekspansi bisnis, salah satunya sektor kesehatan.

"Jadi, ada poin penting dari kolaborasi ini, seperti dari segi tujuan bisnis, keduanya sudah cocok dan saling melengkapi. Selain itu, keduanya memiliki kemiripan tujuan yang bisa memperkuat kolaborasi ini, serta appetite terkait Satu Sehat," ujarnya

Bentuk kolaborasi yang dilakukan Zi.care dengan iForte ini adalah dengan menyinkronkan go-to market kedua perusahaan untuk menyesuaikan dengan target marketnya, yakni rumah sakit.

Lalu, keduanya juga membentuk satu paket bersama sebagai solusi one stop shop yang tidak terpisah antara solusi kesehatan rumah sakit dengan provider internet, yakni produk bundling dari Hospital Information System (HIS) Zi.Care dengan konektivitas iForte.

Zi.Care meyakini bahwa kolaborasi dengan iForte dapat meningkatkan layanan pelanggan, yakni rumah sakit. Kualitas internet yang baik sangat dibutuhkan dalam operasional sistem elektronik pelayanan rumah sakit di era digital agar lebih optimal.

"Keberadaan layanan kesehatan secara digital tentunya akan lebih meningkatkan efektivitas pelayanan rumah sakit. Kami berharap dengan adanya produk sinergi iForte dengan Zi.care ini membuat rumah sakit memiliki alternatif pilihan sistem manajemen yang handal dan terjangkau sehingga layanan kesehatan di Indonesia juga bisa lebih optimal," tutur Wakil Presiden Direktur iForte Silvi Liswanda.

Ke depannya, Zi.care dan iForte berencana menggarap proyek Medical Tourism di Medan. Selain itu, keduanya juga akan terus mengembangkan kolaborasi untuk melayani lebih banyak rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

Program ImpacctoBuild menjadi aktor utama Zi.care dan iForte bisa berkolaborasi sehingga keduanya bisa saling mendukung untuk pertumbuhan bisnis dan penyempurnaan produknya masing-masing. Program ImpacctoBuild fokus untuk membantu startup menemukan partner dari korporasi agar bisa mencapai product-market fit. Lalu, dari korporasi juga mendapatkan keuntungan dari tiga aspek utama, seperti, talent, mindset, dan metrics.