Wartakomunitas.com | Olahraga - Bagus Kahfi akhirnya pecah telur mencetak gol untuk Barito Putera di Liga 1 2023-2024.  Gol itu dicetak saat membantu Barito Putera mengalahkan Arema FC pada laga pekan ke-23 yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Demang Lehman Banjarbaru, Minggu (17/12/2023) malam. Bisa dibilang ini merupakan gol pertamanya di Indonesia sebagai seorang pemain profesional seutuhnya. Seperti diketahui, saudara kembar Bagas Kaffa tersebut merupakan pemain Barito U20 yang terpilih untuk menjalani program Garuda Select.


Pada tahun 2020, dia promosi ke tim utama Barito Putera. Namun, belum sempat menjalani debut, ia direkrut klub Belanda, Utrecht. Sayangnya, petualangannya di Belanda tidak berjalan mulus. Ia banyak berkutat dengan cedera dan tidak pernah sampai menembus tim utama. Pada 2022, kemudian Bagus Kahfi menyeberang ke Yunani bersama Asteras Tripoli. Namun, tidak jauh berbeda, seperti di klub sebelumnya, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Sampai akhirnya, pada 2023, ia memutuskan mengakhiri petualangannya di Eropa dan pulang ke Barito Putera.


"Gol pertama selalu spesial. Alhamdulillah saya bisa memberikan yang terbaik," ucap pemain kelahiran Magelang tersebut.

Ia menghadapi tantangan yang tidak mudah. Sebagai mantan wonderkid yang digadang menjadi penyerang masa depan timnas Indonesia, ia harus mulai dari awal lagi di Indonesia. Beruntungnya, pemain berusia 21 tahun tersebut mendapatkan dukungan dari pelatih Rahmad Darmawan yang rutin memberikan menit bermain. Sekalipun di awal-awal hanya masuk untuk menjadi pemain pengganti hingga penghujung laga. Untuk bisa mencetak gol ini, Bagus Kahfi menempuh 22 pekan pertandingan Liga 1 2023-2024. Dua belas laga dijalani sebagai starter dan 10 lainnya sebagai pemain pengganti. Menjalani 1.069 menit bermain dengan jumlah menit main yang berbeda setiap laganya. Paling sedikit, dia hanya bermain 7 menit dalam satu pertandingan. Kini, ia sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk membenahi diri.


"Terima kasih kepada staf pelatih, manajemen dan suporter. Setelah saya balik ke Indonesia saya bersyukur selalu diberi kepercayaan untuk bermain dan mengeluarkan bakat saya," tutur Bagus Kahfi.

Selain mencetak gol, ia juga telah menyumbang tiga assist untuk tim berjuluk Laskar Antasari. Di sisi lain, golnya terasa semakin istimewa karena mewujudkan target tim menutup akhir tahun dengan kemenangan. Kemenangan yang sangat penting karena membuat Barito dapat menikmati jeda kompetisi dengan suasana hati yang lebih baik. Pada pengujung tahun 2023, tim berada di posisi ke-8 Liga 1 2023-2024 dengan perolehan 32 poin.