Wartakomunitas.com | Solo - Rencana pertunjukan kembang api di Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (2/12/2023) menuai komentar tak setuju dari netizen di media sosial.

Pertunjukan kembang api di masjid yang terletak tak jauh dari viaduk Gilingan itu untuk merayakan National Day ke-52 Uni Emirat Arab (UEA). Adapun durasi kembang api itu sekitar 15 menit.“Kami akan berdoa untuk kemakmuran dan kesejahteraan kedua bangsa [UEA dan Indonesia]. Setelah Isya langsung kembang api,” kata Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Munajat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/11/2023).

Masyarakat umum juga boleh ikut menghadiri atraksi kembang api di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo itu. Untuk memeriahkan acara tersebut, Munajat mengatakan pengurus masjid sudah memasang sejumlah bendera UEA dan Indonesia di kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed sejak Senin (20/11/2023). Bendera UEA dan Indonesia itu bakal dipasang sampai pertengahan Desember 2023.

Namun, ternyata rencana atraksi pertunjukan kembang api di miniatur Masjid Raya Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA itu menuai komentar netizen yang rata-rata tidak setuju. Netizen yang berkomentar di unggahan akun Instagram @soloinfo, menyinggung soal sisi manfaatnya dalam menyalakan kembang api di masjid kebanggaan warga Solo tersebut.

Kembang api dan masjid itu berbeda arah… akhir zaman,” jelas pengguna akun Instagram @anugrahanin.

“Loh lohh mesjid merayakan kembang api? Ajarane spo?? , Wes ra masuk , wong wong akhir zaman ki wes ra cetho ra masuk akal!” tambah pengguna akun Instagram @baruseptiaji.

“Untuk apa di masjid pesta kembang api? Aduh,” imbuh pengguna akun Instagram @tauvanyudha.

Sebelum acara pertunjukan kembang api di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pada Sabtu mendatang, diawali dengan doa dan mujahadah bersama. Hal tersebut disampaikan pengelola masjid di akun Instagram resmi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

“Sebelum acara kembang api, akan ada acara mujahadahan dan doa bersama. Monggo silakan hadir semuanya,” tulis pengelola akun Instagram @masjidzayedsolo.