Wartakomunitas.com | Internasional - Seorang bocah 11 tahun asal Inggris berhasil menangkap ikan lele raksasa saat berlibur di Spanyol. Dengan bobot 69 kilogram bikin pecah rekor di Eropa.
Joshua Davenport nama bocah tersebut. Dia menangkap ikan lele raksasa itu di Sungai Ebro saat memancing bersama ayahnya yang bernama Pete dan ibunya Lorna.

Sang ibu yang berusia 42 tahun mengatakan puteranya memang hobi memancing seperti dirinya dan suami. Sudah dari kecil Joshua akrab dengan joran.

"Memancing adalah segalanya bagi Josh. Dia mendapatkan joran pertamanya saat berusia empat tahun dan menangkap ikan lele pertamanya pada usia enam tahun dengan berat 22 pon," ujarnya seperti dikutip Dailymail.

Kendati berpengalaman memancing, bukan perkara mudah bagi Joshua menangkap lele raksasa itu. Sebab ukuran ikan air tawar itu melebih tingginya.
"Jorannya bengkok dan terlihat jelas ukurannya besar. Ini adalah mimpinya untuk menangkap seekor yang beratnya lebih dari 50 kilogram, jadi tidak mungkin dia akan melepaskannya," ungkap Lorna.

'Ketika dia melihatnya, dia tidak percaya ukurannya. Butuh tiga orang dewasa dan Josh untuk mengangkatnya," lanjut sang ibu.

Dibantu orang tuanya, dia berjuang selama 25 menaklukkan ikan tersebut. Setelah diukur ikan lele raksasa punya panjang 2,7 meter, sementara Joshua punya tinggi 1,6 meter.

Dengan berat 69 kilogram dan panjang 2,7 meter membuat lele raksasa yang ditangkap Joshua menjadi ikan air tawar terbesar yang ditangkap seorang anak laki-laki di Eropa.
Sebelumnya ikan tawar yang ditangkap bocah di Benua Biru berukuran 49 kilogram. Hasil tangkapan Joshua pun lebih besar dari gabungan berat tangkapan terbaik pribadi ibu dan ayahnya yang masing-masing mencapai 32 kilogram dan 30 kilogram.

Setelah berfoto dengan ikan perkasa itu, ikan lele raksasa itu dikembalikan ke sungai dengan selamat dan sehat.